Pengertian Batik

batik Pengertian BatikPengertian batik dari asal katanya “batik” berasal dari bahasa Jawa yang terdiri atas gabungan dua kata yaitu “amba”, yang artinya “menulis” dan “titik” yang artinya “titik”. Kata batik diduga berasal dari kata ‘yakni Ambatik’ yang diterjemahkan berarti ‘kain dengan titik-titik kecil’. Akhiran ‘tik’ berarti sedikit titik, drop, titik atau untuk membuat titik. Batik juga mungkin berasal dari kata bahasa Jawa ‘tritik’ yang menggambarkan proses menolak untuk mati di mana pola dicadangkan pada tekstil dengan mengikat dan menjahit daerah sebelum mati, mirip dengan teknik mengikat pewarna.

Batik berarti gambar yang ditulis pada kain dengan mempergunakan malam sebagai media sekaligus penutup kain batik. Batik adalah bahan sandang yang dibuat berupa tekstil untuk keperluan kelengkapan hidup sehari-hari. Tekstil yang dibuat dengan teknik atau proses batik untuk sandang tersebut, berupa kain penutup badan, hiasan rumah tangga, dan perlengkapan lain yang semuanya dimaksudkan untuk memperindah.

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa). Yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan  perkembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada kerajaan Solo dan Yogyakarta.

Corak batik di Indonesia sangat banyak, sesuai filosofi dan budaya masing-masing daerah di Indonesia yang sangat kaya, sehingga terciptalah beragam corak dan jenis batik sesuai ciri khas masing-masing.

Sumber : wikipedia dan sumber lainnya

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

close